Monday, April 30, 2012

Nasional.is.me


Apakah anda pernah ditanya “Kamu cinta Indonesia?”. Kira-kira kalau ditanya demikian apa jawaban anda? Bingung menjawabnya? Bingung harus menjawab bagaimana? Kemudian, jika anda ditanya “Apa yang sudah kamu lakukan untuk bangsamu?”. Kira-kira bagaimana reaksi anda? Semakin bingung tidak bisa menjawab, mungkin, hahaha.

Bulan lalu, saya berkesempatan untuk menghadiri talkshow buku NASIONAL.IS.ME yang ditulis oleh Pandji Pragiwaksono. Excited sekali, karena buku ini keren, dan penulisnya pun adalah rapper dan pemikir favorit saya. Buku Nasional.is.me sebenarnya ada yang versi e-book yang bisa diunduh secara gratis, dan saya sudah membaca kira-kira ¼ nya, namun saya juga membeli yang versi cetak supaya bisa ditandatanagi oleh Pandji & foto bareng. Hehehe. Oya, setiap satu buku terjual, satu buku lainnya dibagikan secara gratis di daerah yang sulit dijangkau internet, dan ini sudah berjalan pada cetakan pertama, yang disalurkan melalui dua lembaga.

Hadir dengan memakai kaos hitam bergambar siluet Garuda Pancasila bertuliskan Merdeka, Pandji tampil atraktif pada talkshow yang diselenggarakan di toko buku PetraTogamas. Dan ternyata memang benar, di televisi, orang nampak lebih besar daripada aslinya, hahaha.

Pada talkshow ini, Pandji mengawali dengan penjelasan mengenai definisi “nasionalisme”. Selama ini nasionalisme seringkali didefinisikan sebagai paham yang mencintai tanah air. Nasionalisme sebenarnya merupakan paham dimana perbedaan-perbedaan yang ada dibersatukan untuk kelangsungan suatu bangsa. Kata “dibersatukan” memang sengaja saya buat lebih tebal untuk memberi penekanan: dibersatukan itu bukan dibuat menjadi satu, melainkan tetap mengakomodasi perbedaan-perbedaan yang ada. Kemudian Pandji  bercerita sekilas mengenai bab-bab dia tuangkan pada bukunya.

Isi buku Nasional.is.me :
§      Dari sebuah permintaan sampai sebuah perenungan
§      Dari tahun 1990 sampai 1999
§      Dari menjadi penonton sampai menjadi pelaku
§      Dari Sabang sampai Merauke
§      Dari sebuah krisis sampai pada perasaan optimis
§      Dari sebuah ledakan sampai sebuah perjalanan
§      Dari NASIONAL.IS.ME sampai PATRIOT.IS.ME
§      Dari sebuah keyakinan sampai sebuah keraguan
§      Dari menjadi murid sampai menjadi guru
§      Dari kalimat pembuka sampai kalimat penutup

Dari sekian bab itu, mungkin bab “Dari sebuah keyakinan sampai sebuah keraguan” judulnya membuat bertanya-tanya, koq dari yakin menjadi ragu... Tapi bagian ini sebenarnya merupakan bagian yang terpenting dari buku ini. Intinya mengenai sejarah bangsa ini, seperti kita tahu bahwa sejarah bangsa ini banyak yang dibelokkan. Bagi saya pribadi, bab ini benar-benar menambah pengetahuan mengenai sejarah bangsa ini. Tujuan Pandji menulis bab ini sedemikian rupa adalah menginginkan pembaca juga tahu sejarah yang buruk dari Indonesia. Mengapa? Agar pembaca memiliki kesempatan untuk ragu. Mengapa? Karena keraguan membuat kita mempertanyakan kembali keyakinan kita, dan kalau kita kembali dari keraguan itu, maka keyakinan kita akan menjadi lebih kuat.

Buku ini secara gamblang menceritakan pengalaman dan perjalanan seorang Pandji, bagaimana akhirnya dia menjadi cinta dengan tanah air ini dan berkarya untuk negeri. Mengapa dibuat buku? Tujuan Pandji membuat buku ini adalah menulis apa yang Pandji tahu mengenai Indonesia, sehingga memunculkan optimisme terhadap negeri ini.

Message buku ini ada tiga poin, untuk melakukan perubahan positif bagi Indonesia, yang tertulis pada sampul muka buku: Kenali Indonesia-mu; Temukan passion-mu; Berkaryalah untuk masa depan Bangsamu. Bagaimana itu? Kenal Indonesiamu, kita harus tahu Indonesia yang sesungguhnya, caranya ialah dengan lebih banyak membaca daripada yang ditawarkan oleh koran dan televisi. Ya seperti kita tahu, di media massa lebih banyak diberitakan yang buruk. Dengan mengenal Indonesia yang sesungguhnya, tentu akan merasa memiliki. Kemudian kenali passion-mu atau gairahmu. Kemudian lakukan sesuatu sesuai minat atau passion-mu itu. Hal yang dilakukan pada awalnya adalah untuk kepuasan diri sendiri, tapi dampaknya untuk Indonesia :)


akhirnya kesampaian, deh foto & dapat tanda tangan Pandji :D

1 comment:

  1. Waaaah, blognya keren. Thanx ya udah mampir di blog gue. Mohon bimbingannya ya.... :)

    ReplyDelete